Selasa, 11 Januari 2011

Peran Pemuda Dalam Mengatasi Bencana


    Pemuda Indonesia adalah masa depan bangsa. Karena itu, setiap pemuda Indonesia, baik yang masih berstatus sebagai pelajar, mahasiswa, ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya adalah aktor-aktor penting yang sangat diandalkan untuk mewujudkan cita-cita pencerahan kehidupan bangsa kita di masa depan. Dalam perjalanan bangsa kita selama 102 tahun terakhir sejak kebangkitan nasional, selama 82 tahun terakhir sejak sumpah pemuda, selama 65 tahun terakhir sejak kemerdekaan, ataupun selama 12 tahun terakhir sejak reformasi, telah banyak kemajuan yang telah kita capai, tetapi masih jauh lebih banyak lagi yang belum dan mesti kita kerjakan. Sangat banyaknya permasalahan yang kita hadapi, terkadang kita cenderung larut dalam keluh kesah tentang kekurangan, kelemahan, dan ancaman-ancaman yang harus dihadapi yang seolah-olah tidak tersedia lagi jalan untuk keluar atau solusi untuk mengatasi keadaan.
    Pemuda mengambil peran sangat penting ketika terjadinya bencana. Ini bisa dilihat dari peristiwa meletusnya Gunung Merapi, pemuda adalah barisan terdepan dalam upaya menyelamatkan masyarakat. Para pemuda berjuang tanpa pamrih mengevakuasi masyarakat, terutama orang-orang tua, anak-anak serta ibu-ibu di wilayah bencana Merapi. Tidak jarang pemuda harus mempertaruhkan nyawanya demi menyelamatkan orang lain.
   Dalam menghadapi situasi seperti ini, kita layaknya seorang pemuda harus menunjukkan sikap kepedulian akan saling membantu saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah. Sikap peduli bisa kita tunjukkan dengan membantu secara materil maupun moril. Perbedaan yang ada jangan dijadikan alasan untuk tidak melakukan suatu tindak apapun. Peduli terhadap sesama, karena kita di dunia hidup saling membutuhkan satu sama lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar